Saturday, February 7, 2015

Jangan Mengandalkan Kekuatan Manusia

Seiring dengan pertumbuhan jaman, baik di bidang ekonomi, teknologi, dan sebagainya maka cara pandang manusia semakin berkembang, namun mengarah kepada satu hal, yakni mereka tidak membutuhkan Tuhan. Bukan hanya negara-negara Eropa, Amerika, namun juga di negara-negara Asia kemapanan semakin membawa generasi muda jauh dari Tuhan. Mereka mengandalkan kekuatan intelektual dan kemampuan menciptakan sesuatu.

Firman Tuhan berkata jelas dalam Yeremia 17:5Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN! Ayat ini tidak perlu diterjemahkan secara rumit, tapi Allah jelas memperingatkan kita untuk tidak mengandalkan kekuatan sendiri. Manusia hanya terbuat dari debu yang hanya dengan hembusan angin dapat lenyap seketika.

Tidak jarang kita menyaksikan bagaimana orang yang tadinya normal bisa terserang penyakit stroke dan kemudian lumpuh, hilang ingatan dan akhirnya meninggal, ini artinya hidup kita begitu berharga sehingga kita perlu menjaganya dengan penuh rasa hormat kepada Allah. Kekuatan dan kemampuan kita sangat terbatas, umur kita sangat terbatas, tapi mengandalkan Tuhan tidak dibatasi oleh apapun, dalam segala waktu, segala suasana kita harus mengandalkan Allah dalam hidup kita, karena Allah sumber kekuatan kita. Kita tidak mengandalkan Allah saat hidup kita sulit, ekonomi kita lemah, keluarga mengalami masalah, tapi kita harus mengandalkan Tuhan saat kita sehat, saat kita jaya secara ekonomi, saat keluarga kita bahagia (bandingkan dengan Ayub 12:13).

Mengandalkan kekuatan manusia sama dengan menghina Tuhan dan Dia membencinya, bahkan mengutuknya!! Mari sadari bahwa sumber kekuatan kita hanya dari Tuhan yang menciptakan alam semesta ini, jangan meragukanNya sedikitpun!! Dia dapat dipercaya, perkataan-Nya benar adanya, dan janji-Nya pasti akan digenapi.


Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda mengandalkan Allah senantiasa dalam keseluruhan aspek hidup Anda?

1 comment:

  1. Nice n thk you bang...a reminder and encouragement for me

    ReplyDelete